Monday, November 28, 2016

Vietnam Trip (part 2)

# Day 3

Da Lat City Tour

Kita check out dan berangkat subuh sekitar jam 5-an dari hotel ke bandara Noi Bai (Hanoi) untuk kejar flight jam 7 pagi ke DaLat, dicariin taksi ke bandara sama staf hotel dan kita juga dibawain bekal breakfast juga (beneran thoughtful dan good service deh). Surprisingly, bandara Noi Bai ini terbilang kecil tapi bersih dan rapih, salut deh sama pemerintah sana yang concern untuk bikin nyaman turis. Kita naik local airline disana, namanya VietJet, yah sebelas duabelas sama Air Asia kalo di Indonesia. Tournya udah kita pesen online juga di www.dalattrip.com di situs ini bisa dipilih deh mau yang mana, banyak pilihan, dan kita milih yang one day city tour aja karena waktu terbatas juga cuma bisa 1 hari 1 malam disana. Biaya tournya 35 USD per person, tapi worth banget lah untuk service dan fasilitasnya.

Sampe bandara Lien Khuong di Da Lat kita udah dijemput sama tour guidenya, berhubung ini private tour jadi beneran 1 mobil isinya cuma kita bertiga plus tour guide sama drivernya, yang bikin surprise juga ternyata mobil tournya itu new Pajero boooo (norak dikit gpp lah ya, maklum di Jakarta aja jarang naek pajero :p).
Kota Da Lat ini lokasinya di dataran tinggi, sebelas dua belas sama Bandung, banyak bunga dan sering dijadiin tempat tujuan honeymoon, keseharian masyarakatnya slow pace dan lebih tenang, gak hustle bustle kaya Hanoi…
let’s explore Da Lat.

Datanla Waterfall

Tujuan pertama kita diajak ke Datanla Waterfall. Sebeneranya sih ini hutan tapi dibuat seperti taman rekreasi dan primadonanya pasti air terjun-nya, sebenernya sih di Indonesia juga banyak yah yang model gini bahkan lebih keren, cuma yang gue notice disini fasilitasnya oke banget. Coba bayangin… di dalam hutan gini bisa-bisanya ada lift buat naik turun (bukan ke samping, penting!), karena mereka concern bahwa turis yang dateng kesini udah lanjut usia atau sekedar males jalan (kaya kita hehe). Disini juga ada beberapa wahana menarik buat dicoba kalo mau tes adrenalin. Kita cobain naik automatic train-nya yang lumayan seru karena kita yg pegang gas/rem buat jalannya (harga: 50,000 VND).

Cable Car DaLat
Lanjut…  kita diajak liat view kota DaLat naik cable car. Harganya 50,000 VND sekali naik, yah mirip-mirip Cable Car di Hong Kong waktu mau ke Ngong Ping village, hanya ini lebih pendek jaraknya. Sejauh mata memandang banyak pohon pinus sebagai view kota Da Lat ini. Nothing too special sih about this cable car hehe. Ya lumayan foto-foto lagi di dalem cable car sambil dengerin si abang tour guide cerita-cerita dan jelasin ini itu.

Monastery at Da Lat

Next destination kita berkunjung ke monastery “Thien Vien Truc Lam” tempat tinggalnya para biksu disana, very peaceful and quiet place, ditambah bunga-bunga di sekitar juga cakep-cakep dan terawat banget (tiba-tiba ada backsound:  “lihat kebunku penuh dengan bunga …”). Berhubung background udah fotogenik, kurang oke klo gak ada objeknya yah maka dimulailah sesi pemotretan, ditambah abang tour guidenya semangat banget jadi fotografer kita bertiga, malah sekaligus pengarah gaya hehe. Setelah jalan sehat kurang lebih setengah jam, akhirnya sampailah kita di ujung Monastery dan ketemu satu danau yang cakeeeep banget, yang ternyata artifisial (but look so natural). Akhirnya pemotretan sesi #2 pun dimulai hehe. Tenang banget memang atmosfirnya disana, cocok buat yang mau menyepi atau meditasi, kali aja dapet wangsit jadi biksu (loooh!!).

Kita mampir buat lunch di restoran yang masakannya ala rumahan banget, yang maknyuss banget sih pumpkin soup nya (sampe Marsya penasaran mau coba bikin di rumah). Makan disini per-orangnya kena harga 150,000 VND, lumayan buat charge karena perjalanan hari ini masih panjang… Lanjuuuut…

King Palace

Dulu waktu SD gue pernah study tour ke Istana Presiden Cipanas, nah ini  modelnya, mirip-mirip lah sambil dijelasin sejarah Vietnam. Keliling sebentar di rumahnya Raja & Ratu yang pernah tinggal disini.

Cock Church

Mampir kesini cuma demi foto-foto sebentar banget karena cuaca tidak mendukung, langitnya udah gelap banget dan gerimis mengundang… Tapi memang ini Gereja nya ini gede dan megah banget, kental banget arsitektur gaya Eropa. Instagrammable lah ini Gereja.

Valley of Love
Sebenernya ini sih yang bikin kita pengen ke Da Lat karena liat foto-foto yang keceh di ig. Valley of Love ini taman rekreasi mirip Puncak yang temanya seputar LOVE, yuuk mari buat para jomblo ati-ati baperlah kalo kesini (seketika ngambil kaca…), cucok juga buat yang mau foto prewed (jauh aja mbaksis).  Aksesoris taman semuanya related tema love, sampe ada love maze juga, patung-patung semua dedicated for love.

Setelah keliling dan jalan-jalan santai, akhirnya sampe juga ke atas. On the top of the valley kita  bisa liat view-nya kota Da Lat yang keren banget… another speechless moment.. Ditutup dengan sesi foto-foto pastinya.

DaLat Historical Village
Last destination kita diajak mampir kesini, lebih ke hasil art nya kota Da Lat, modelnya rumah pamer tapi gedeee banget, yg dipamerin mulai dari lukisan cat, lukisan sulam, sampe ukiran & pahatan yang bagus-bagus. Terakhir kita mampir ke toko oleh-oleh, yang kebanyakan serba serbi seputar teh.

Tour guide kita baiiiiik banget ngejelasin every detail dengan semangat, yang paling penting sih masnyah itu excited banget jadi fotografer kita (tanpa paksaan loh), too bad lupa foto bareng malah.. makasih ya masbroh.. we love you full deh :-*
Sebelum dianter ke hotel, kita minta dianter ke kantor Sinh Tourist bus untuk cari tiket ke Mui Ne, too bad ternyata udah fully booked, dan seketika kita mulai panik mikirin gimana caranya besok bisa ke Mui Ne, worst case kita harus sewa mobil pribadi yang pastinya mahal banget… Akhirnya si abang tour guide suggest kita ke kantor Dalat Trip, siapa tau masih ada seat bus ke Mui Ne, dan puji Tuhan masih ada kursi kosong buat kita bertiga (yeaaaay… gak jadi tekor deh :p).

Di Da Lat kita pilih nginep di Saphir Dalat Hotel karena liat penampakan foto di webnya booking.com itu keren banget. Aslinya emang keren sih, hotel tematik arsitektur vintage European Style abad pertengahan gitu, cuma sayang staf front desk-nya agak kurang ramah. Fyi, hotel ini gak pake AC (sempet heboh nyari remote AC di kamar dan baru nyadar emang gak ada AC-nya di kamar), mungkin karena Da Lat ini memang pas malem udaranya dingin jadi kita gak akan berasa kepanasan. Niatnya sih mau dinner ke luar habis mandi dan beberes, tapi saking capeknya akhirnya batal dinner karena udah ketiduran sampe pagi. Kita bangun pagi dan beres-beres karena mau dijemput bus ke Mui Ne.  Btw, tempat breakfastnya di hotel ini juga lucuk temanya gaya vintage gitu, dan lumayan banyak pilihan menu makanan-nya.

# Day 4

Mui Ne

Jam 8 pagi kita dijemput bus dari hotel ke Mui Ne (120,000 VND per person). Perjalanan lumayan panjang, setelah kurang lebih 4 jam perjalanan darat,  akhirnya sampe juga di Mui Ne yang hawa pantainya udah berasa banget (alias panas dan gerah). Gue yang tugas booking hotel memilih nginep di Sand Dunes Beach Resort Hotel via Booking.Com (lagi) karena ngeliat lokasinya di peta deket sama si Sand Dunes. Pas sampe di hotelnya langsung bengong seketika, karena ternyata gede dan megah gitu hotelnya. Selesai check in dan masuk kamar …. eng ing eng… lebih kaget lagi karena ternyata keren bingits kamarnya, apalagi pas buka jendela belakang, ternyata kita dapet ocean view yang breathtaking banget. Rada menyesal karena kita gak bisa literally “nginep” di kamar ini karena malemnya harus catch up naik sleeping bus untuk ke Saigon (Ho Chi Minh city). Langsung deh kita foto-foto karena gak mau rugi dapet view sekeren ini, sambil siap-siap buat dijemput sama tour.

Sand Dunes Tour
Sand Dunes Tour ini hitungannya setengah hari, dan udah di booking online via Sinh Tourist sama Marsya, harga tournya 624,000 VND untuk bertiga.

Destinasi pertama kita diajak ke Fairy Stream, sejujurnya sih kita agak gagal paham ya kenapa tempat ini dinamain Fairy Stream, karena aslinya kita cuma disuruh jalan aja di sepanjang aliran sungainya (yang pake sepatu terpaksa nyekermen karena pasti basah hehe), lumayan jauh jalannya dan ditambah panas terik matahari, ngarepnya sih ada something yang woow di ujung sana, eh tapi ternyata  sampe ujung udah gitu aja gak ada apa-apa, pemandangannya mirip bukit kapur tapi ini coklat. Oke baiklah, mungkin disuruh olahraga aja biar sehat kali ya. Foto-foto sih tetep yah supaya menghibur hati wkwkwkwk… Balik jalan ke tempat start akhirnya lapar pun melanda, akhirnya mampir dulu di warung depan makan pop mie ala Vietnam sama minum air kelapa (segeeeer pooll).

White Sand Dunes
Nah ini destinasi yang ditunggu-tunggu nih ke Sand Dunes (colek Marsya),  ada semangat banget sih karena mau foto ala-ala di Gurun beneran kaya di Middle East sana (sayang kurang onta-nya aja hehe), pake niat search gaya foto di ig biar kece badai. Ke lokasi atas bukit sand dunes-nya harus rental jeep (karena kalo jalan kaki nyampenya mungkin besok yah), perjalanan ke atas ini spektakuler dan adventurous banget, berasa mau jatoh aja dari jeep karena  saking heboh nyetirnya. Beneran amazing deh liat pemandangan sand dunes ini (dimaklumin yah pemirsa kalo norak, baru first time liat yang kaya gini), dan kita dikasih waktu 1 jam di atas nanti dijemput lagi sama abang jeep-nya. Dan sesi pemotretan pun dimulai deh, cari berbagai angle dan pose demi dapet foto keren nan cetar badai.

Setelah dari sini kita mampir ke Red Sand Dunes (yang bedain warna pasirnya aja sih yang lebih cokelat), leyeh-leyeh bentar trus balik ke hotel (jalan kaki karena emang hotel kita ini depannya Red Sand Dunes). Gak mau rugi dapet hotel keren begini, kitapun santai-santai di pantai belakang kamar hotel, leyeh-leyeh mode on sambil ngayal bisa gak holiday-nya lebih lama...

Malamnya kita dinner di hotel, terus beberes dan siap-siap buat check out (feels so sad) karena sleeping bus kita bakal jemput jam 9 malem, asiknya dibawain bekal breakfast sama hotelnya. Ini juga first time gue naik sleeping bus (yang gak ada di Indo hehe), harusnya Indonesia punya juga yah untuk bus AKAP gitu. Penampakan sleeping bus ini ternyata lumayan gede mirip bus double decker, dan tempat tidurnya itu model bunk bed 2 tingkat. Pas naik bus dan masuk sempet kaget disuruh lepas sepatu/ sandal dan dimasukkin ke plastik yang udah disediain di depan, ternyata maksudnya simple banget, biar lantai busnya tetap bersih. Yang lumayan peer, karena di bus ini gak ada nomer bed-nya, jadi kita disuruh cari masing-masing yang kosong aja (krik..krik..krik). Akhirnya kita bertiga mencar-mencar cari yang kosong karena rata-rata sudah ditempatin sama yang naik duluan (lokasi hotel kita penjemputan belakangan). Aslinya di dalem bus itu rada sempit dan bed-nya juga lumayan pendek, but overall nice kok, yang kasian yah si Vania karena kakinya panjang jadi biar judulnya sleeping bus tetep harus tekuk kaki tuh, emang ukuran bed-nya buat Asian bukan buat bule (Jogja) :p

# Day 5

Saigon (Ho Chi Minh city)
Karena kita nyampe kepagian (about 5 am), jadi belum bisa check in di Hotel Sanouva Saigon (bookingnya via booking.com juga karena lokasi di pusat kota), kalau mau early check in tetep hitungannya kena charge 1 day full. Berhubung dompet sudah mulai tipis, jadi kita numpang cuci muka di hotel, titipin baggage di front desk trus kita cabut deh jalan-jalan hehe…

Kota Ho Chi Minh ini identik banget sama Jakarta banget, lebih hustle bustle daripada Hanoi,  sesuai sih sama hasil browsing-an kita di internet.

Jadi pagi-pagi kita udah jalan ke Ben Tanh Market (gak gitu jauh dari hotel) buat beli oleh-oleh ala kadarnya, yang ternyata harga barang-barangnya lebih mahal daripada di Hanoi, jadi nyesel kemarin gak beli disana aja hehe. Then kita jalan kaki lagi ke alun-alun kota Saigon sambil duduk-duduk liatin orang-orang yang berangkat kerja atau lagi senam pagi di alun-alun. Karena laper akhirnya kita breakfast di McD Saigon (when in doubt, just eat fast food, best choice!!).

Jam 11-an kita balik ke hotel dan nego sama staf front desk nya supaya boleh check in, dan akhirnya boleh yeaaaay… Mandi dan beres-beres buat cuss wisata kota di Saigon. Tujuan awal kita ke Notre Dame Cathedral (by taxi) terus ke Saigon Post Office yang lokasinya bersebrangan. Tapi karena panasnya maksimal jadi kita gak lama-lama disana. Makan siang juga cari yang deket aja di Popeyes (another fast food) karena uda mager jalan jauh-jauh.

Karena udah bingung mau kemana lagi akhirnya kita ke War Museum, tapi sebelumnya ada drama. Ini buat pelajaran juga buat yang mau ke Saigon harus ekstra hati-hati, jadi ceritanya kita cari taksi tapi agak susah akhirnya liat yg mangkal dan bilang mau ke war museum, di tengah jalan drivernya ini berhenti dan ketemu temennya di pinggir jalan disana (ceritanya ganti shift) dan kita disuruh bayar seharga yang di argonya, karena Marsya yang duduk di depan akhirnya inisiatif keluarin dompet buat bayar, tapi gatau kenapa tiba2 diambil sama drivernya dan diambil uang VND nya tapi dibalikin lagi. Ternyata War Museum nya gak jauh dari tempat berhenti tadi, dan kita diturunin cepet-cepet in a rush gitu. Pas jalan kaki otw War Museum Marsya cek lagi dompetnya ternyata ada uang yang hilang, most probably pas tadi ditarik dompetnya. Kita langsung shock dan rada bad mood sih, tapi masih bersyukur tadi gak diapa-apain di dalem mobil. Buat pengalihan isu, akhirnya kita tetep masuk ke War Museum, lumayan besar dan banyak showroom-nya. Rata-rata mengerikan sih (ada kisah victim perang), dan gak lama-lama juga disana. Balik ke hotel then siap-siap cuss ke Bandara Tan Son Nat karena flight kita ke Singapore jam 9 malem. Kita dinner di bandara (last pho at Vietnam).

# Day 6

Singapore
Sampe di Changi airport udah jam 12 malem, jadi terpaksa nunggu pagi ngebambung deh di airport. Untung Changi ini emang modern dan fasilitasnya keren jadi nyaman-nyaman aja sih, cuma AC nya aja dingin maksimal. Jam 5 pagi akhirnya kita beres-beres dan bersih-bersih mau siap-siap ke kota. Enaknya di Changi kita bisa titip luggage disini, pake bayar pastinya tapi gak gitu mahal-mahal amat lah dibanding harus repot geret-geret koper pas jalan-jalan (baca: shopping) ke kota.  Selesai urusan titip bagasi, cuss deh kita naik MRT ke tengah kota. Sebelumnya kita tuker USD dulu ke SGD di Changi (duh ketauan banget ya niat shopping-nya :p)

Berhubung ini hari Minggu, gue niatin sekalian kebaktian di sana, ikut service pagi, toh mall juga belum buka pagi-pagi, tadinya mau ikut ibadah di New Creation Church nya Joseph Prince, tapi batal karena kejauhan. Duo shopper Marsya & Vania mampir sarapan di Kopitiam, while gue turun di Orchard Road karena mau ibadah di BCS (Bethany Church Singapore) di Grand Hyatt Hotel yang lokasinya deket sama Takashimaya mall. After service gue nyusul duo shopper ke Takashimaya, terus lanjut lunch deket Orchard. Back to Changi airport untuk ambil bagasi dan re-package lagi after shopping then we flight back to Jakarta…
Thank God kita sampe dengan selamat … heart and soul fully recharged, ready go back to tomorrow’s reality, BEKERJA (demi sesuap nasi dan tiket jalan-jalan) hohoho..

See you in the next trip….

“Why do you go away? So that you can come back. So that you can see the place you came from with new eyes and extra colors. And the people there see you differently, too. Coming back to where you started is not the same as never leaving.”
― Terry PratchettA Hat Full of Sky

Saturday, November 12, 2016

Vietnam Trip (part 1)

Another late posting …
This time gue mau share tentang trip ke Vietnam, tepatnya di bulan Mei 2016, yang bisa dibilang kilat persiapan-nya but went well :)
Traveling akhirnya jadi ritual wajib gue tiap tahun (efek keseringan beli buku Trinity Traveler juga sih), in order tetep waras dalam menjalani rutinitas pegawai kantoran (ini agak lebay yah). Puji Tuhan masih ada berkat sebagai modal gue jalan-jalan… so this is the story …

# Preparation
Ceritanya dimulai ketika geng makan siang di kantor sudah merasa butuh piknik #yes, geng ini isinya 3 ciwik-ciwik keceh (sebut saja Marsya, Vania, me) yang iseng cerita pengen kesini pengen kesitu, yang pada akhirnya we decide… why not? Let’s go yuk…
Destinasi awalnya macem-macem, pengen ke Jepang, ada juga yang pengen Korea (not me of crocs), ada yang pengen Kashmir (India), tapi pada akhirnya seleksi dompet-lah yang menentukan dan karena gak mau pake ribet juga ngurus visa, akhirnya jadilah kita sepakat trip ke Vietnam.
Berhubung kita satu kantor (beda divisi dan lantai) jadi kita gak mau heboh ketauan bakal trip bareng, so this is termasuk secret mission (supaya tampak keren). Buat itinerary juga lumayan kilat, jadwal dibikin seapik mungkin biar jatah cuti bisa diutilisasi maksimal (alias ga mau rugi), rata-rata juga online booking untuk akomodasi and less drama, malah dibilang smooth banget lah.. hasil browsing-browsing dan curi-curi waktu buat secret meeting pas jam makan siang.

Kita bertiga bagi-bagi tugas untuk urusan booking pesawat, hotel, tour dll… Untuk hotel kita prefer booking di Booking.com karena banyak plus-plusnya (macem pijit aja mbak). Sisanya kita mengandalkan mbah Google yang setia kasih informasi,  visit juga ke Trip Advisor and sosmed lain. Itin singkatnya kurang lebih begini :  berangkat dari Jakarta – Malaysia (transit) – Hanoi – Da Lat – Mui Ne – Ho Chi Minh – Singapore  (transit) – Jakarta.
Trip kali ini gue bener-bener less expectation, gak ngoyo harus kesana kemari (meskipun ada itin), emang beneran niat jalan aja kemana kaki ini melangkah (hasiiik)… pengen jadi traveler dan bukan turis ceritanya…
So ready to get lost!!!

# Day 1
Paginya kita masih kerja dulu, gue and Marsya titip koper di apartemen Vania di Kelapa Gading karena flight kita malem. Dari Jakarta kita transit ke KLIA 2 karena flight schedule-nya lebih fleksible dari sana. Lumayan juga itung-itung bisa leaving footprints and nambah cap paspor di Malaysia biarpun cuma transit sebentar. Sambil nunggu flight pagi, akhirnya kita ngopi-ngopi cantik sekalian breakfast di KLIA 2.

Singkat cerita akhirnya sampailah kita di Hanoi City… ternyata kota Hanoi ini vintage and oldies ambience-nya dapet banget, mulai dari jalanan, bangunan dan makanannya.. Kita nginep di Golden Legend Hotel di Hoan Kiem Street, salah satu sudut yang rame di kota Hanoi ini. Biarpun lokasinya masuk gang agak kecil, tapi service hotel ini bagus banget, semua staf hotel-nya ramah and helpful banget, ini rekomendasi temen yang udah duluan kesana and bener aja gw juga rekomen deh. Kamarnya cozy dan menu breakfastnya not bad at all :)

Selesai check in kita bingung mau lunchie dimana, akhirnya nanya sama resepsionis hotel dan mereka suggest ke Madam Hien yang ternyata deket banget dari hotel, paling cuma 5 meter sampe…

Karena bingung mau makan apa so kita mesen yang paket aja (appetizer, main course, dessert), sengaja pilih yang beda-beda biar bisa icip-icip. Harganya sih lumayan mahal sih tapi worth it banget kok, harus coba. Find out that Vietnamese cuisine is very delicious and healthy. Rata-rata sayur tapi rasanya enak jadi gak berasa kaya makan sayur, dibikin semacam salad or asinan gitu. Dan disini juga gue nyobain kopi vietnam yang terkenal sejagad raya itu, sebenernya modal nekat karena aslinya gue ga bisa minum kopi karena punya maag, setelah minum kopi vietnam (tanpa sianida) disini gue langsung jatuh cinta sama kopi (maap lebay), dan anehnya maag gue ga kumat padahal citarasa kopinya strong banget.

Abis lunch agak random mau kemana, jadinya kita ke Literature Temple naik taksi, tiket masuknya 30,000 VND. Lebih ke arah sight seeing aja jalan-jalan dan foto-foto. Habis itu kita JJS (Jalan Jalan Siang) ke daerah French Quarter, dimana bangunan disini masih original gaya Eropa jadi instagrammable banget. Disini masuknya musim semi dan di sepanjang pohonnya cakep-cakep, banyak yang manfaatin buat sesi foto prewed di pinggir jalan.

Sorenya kita jalan-jalan deket Hoan Kiem Lake, tapi berhubung rame dan gerimis akhirnya cuma duduk-duduk santai aja di pinggir danau, killing time karena nungguin Water Puppet Show. Harga tiketnya 5 USD per person dan kita kebagian jam 9 malam, fyi show ini selalu full booked sama turis luar, jadi kalo memang niat nonton harus beli tiketnya early, waktu itu sih kita titip minta dibeliin sama staf hotel yang baik hati dan tidak sombong itu hehe. Water Puppet Show ini keren sih tapi berhubung pake bahasa Vietnam dan gak ada translatornya jadi kita ga ngerti isi ceritanya, dan uda malem juga jadi kita ngantuk di akhir-akhir show. Selesai jam 10 malam kita akhirnya late dinner deket hotel, untung masih ada yang buka, kita dinner beef pho di Pho 10 (harga: 55,000 VND), then bobo cantik deh biar besok segeeer…

Fyi, selama di Vietnam kita cuma ngandelin wifi di hotel buat online internet, karena kalo beli simcard local disini agak ribet (info ini hasil browsing), tapi fasilitas wifi di hotel lancar jaya koq untungnya (ini penting ya pemirsah… demi eksistensi di sosmed hehe) dan di Vietnam mereka terima USD juga, kalo misalnya males tuker, tapi buat penduduk asli mereka prefer VND (Vietnam Dong), jadi kalo mau aman better tuker VND aja.

# Day 2

Halong Bay Tour
Paket tournya sudah kita pesen online di Jakarta (tips: online booking tour di Vietnam ini gampang banget dan emang reliable, jadi daripada disana ribet dan harus komunikasi pake bahasa dewa, buat gampangnya mending book online aja dari your hometown). Kita cuma perlu dateng ke kantor tournya, untuk konfirmasi ulang dan minta dijemput di hotel pagi, as simple as that. Kita dijemput urutan pertama, jadi udah ready dari hotel jam 8 pagi, mobil tournya ya macem elf gitu. Tour guide-nya agak surprise pas tau kita dari Indonesia (mungkin masih jarang turis dari Indonesia yang kesana).  Satu rombongan isinya turis dari berbagai negara, ada 2 keluarga dari Espanola (Spanyol), ada sepasang couple dari Israel, sama 2 orang cewek dari Japan. Perjalanan dari Hanoi ke pelabuhan lumayan jauh sekitar 4 jam, dan kita depart dari pelabuhan untuk naik kapal pesiar, namanya Imperial Cruise, penampakannya macem perahu pinisi gitu, lantai atas itu open deck yang emang buat sight seeing,  setelah hampir setengah jam sailing akhirnya kita sampe di Halong Bay. Breath taking view banget emang si Halong Bay ini… God is so artistic and amazing!!! Sayang cuaca agak mendung jadi langitnya gak terlalu cerah, but gak mengurangi cantiknya sih. Kebanyakan kita nongkrong di open deck atas supaya gak menyia-nyiakan million dollar view ini hehe.

Next destination ke Fishing Village (masih daerah sekitaran Halong Bay), tempat nelayan-nelayan disana kumpul cari ikan (infonya), tapi sebenernya ini murni komersial, karena perahu-perahu disana dipake buat anter turis muterin bay-nya, durasi tour-nya kurang lebih 30 – 45 menit dengan cost 6 US$ per person. Habis itu kita lunch di cruise, menu lunch pastinya seputar seafood, tapi karena ada turis Israel barengan kita yang vegan, jadi cuma bisa makan sayuran aja (mereka udah inform sebelumnya).

Next destination kita ke Heavenly Cave, yang sebenernya ini gua alami tapi luas banget, agak olahraga karena harus naik anak tangga lumayan banyak nih… tapi pas di dalemnya keren bingits, bisa dibilang pemerintah Vietnam termasuk jago bikin wisata alam jadi keren begini karena fasilitasnya juga niat (Indonesia gov should learn from Vietnam). Padahal sebenernya cuma modal lampu warna warni dan sign yang jelas, tangga juga dibuat nyaman buat pedestrian.

Akhirnya berakhirlah tour hari ini, dianter pulang satu-satu ke hotel, dan kita having dinner Pho lagi (chicken pho) di pinggir jalan seharga 40,000 VND yang emang maknyus sih rasanya, no wonder rame pisaaaan yang makan disana.